minuman herbal untuk daya tahan tubuh dari banyumas

Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh dari Banyumas, produkbanyumas.id – Minuman botanikal adalah produk minuman yang diperoleh dari proses pencampuran air minum, bagian yang dapat dimakan, atau sari tanaman atau herba (BPOM RI). Adalah Dasilah Rachmawati, salah satu produsen minuman botanikal dari Banyumas. Tepatnya, dari Desa Sumbang, kecamatan Sumbang, Banyumas.

bu dasilah minuman herbal banyumas
Ibu Dasilah – Wedang Banteng Minuman Herbal Banyumas

Bu Dasilah, begitu biasa dipanggil, memulai usaha produksi minuman herbalnya sejak tahun 2017 dengan merk “Wedhang Banteng”. Wedhang Banteng sendiri menyediakan 2 jenis minuman herbal, yaitu Wedang Uwuh dan Teh celup herbal.

Dua jenis minuman tersebut tersedia dalam berbagai kemasan. Yaitu :

1. Wedang Uwuh

uwuh wedang herbal untuk daya tahan tubuh
Wedang Uwuh Wedang Banteng Banyumas

dalam kemasan :
– Cup
– Pouch
– Plastik
– Goody bag

Wedang Uwuh-nya sudah disertakan gula batu di setiap kemasannya.

2. Teh herbal

teh wedang herbal untuk daya tahan tubuh
Teh herbal Wedang Banteng, Sumbang, Banyumas

Dikemas dalam tea bag – teh celup, kemudian dimasukkan ke dalam kemasan alumunium dan dimasukkan lagi ke dalam box karton.

Proses Produksi Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh dari Banyumas

Tahapan produksi Wedhang Banteng dimulai dari Pembelian Rempah.

Ini sekaligus jadi keistimewaan Wedhang Banteng. Karena pasokan bahan rempahnya diambil langsung dari petani-petani sekitar Sumbang sendiri. Sehingga, selain bahan botanikalnya terjaga kesegarannya, Wedhang Banteng juga telah melakukan pembedayaan dan kolaborasi dengan petani
sekitar.

“Dengan mengambil langsung bahan rempahnya dari petani, kami bisa memesan dan melakukan pembelian rempah yang cukup umur. Rempah yang sudah cukup umur, jika diolah dengan baik dan higienis akan bisa menghasilkan rasa yang lebih segar dan mantap.” terang bu Dasilah.

Setelah rempah datang, proses berikutnya adalah penimbangan sesuai dengan kesepakatan pembelian. Selanjutnya, rempah-rempah dicuci dan dirajang. Rempah rajangan ini kemudian dijemur di bawah terik matahari. Guna memastikan kering sempurna dan juga membuat lebih higienis, rempah-rempah tersebut kemudian dioven beberapa lama.

Selanjutnya, rempah dimasukkan ke dalam toples-toples sesuai jenisnya masing-masing. Rempah pun siap diracik menjadi Wedang Uwuh atau Teh Celup herbal “Wedhang Banteng”.

Peracikan Teh Celup Herbal “Wedhang Banteng” , Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh

Ada 9 jenis rempah dalam setiap kantong teh celup herbal “Wedhang Banteng”. Banyaknya jenis rempah ini juga yang menjadika kelebihan dibanding dengan teh herbal lainnya, yang biasanya hanya menggunakan 4 sampai 5 jenis rempah saja.

Sembilan jenis rempah ini tidak hanya ada di teh celup herbalnya saja, tapi Wedang Uwuh “Wedhang Banteng”-nya pun juga terkandung 9 jenis rempah dalam setiap kemasannya.

Khusus untuk proses peracikan teh celup herbal, sembilan jenis rempah tersebut kemudian dicampur, untuk selanjutnya ditumbuk secara tradisional menggunakan Lumpang dan Alu.

tumbuk minuman herbal untuk daya tahan tubuh
Tumbuk tadisional ramuan teh herbal Wedang Banteng Banyumas

Rempah halus hasil tumbukan tadi kemudian dibawa ke ruang pengemasan. Di sini, rempah halus ditimbang per 5 gram, untuk kemudian dimasukkan ke dalam kantong teh celup. Kantong-kantong teh celup itu kemudian direkatkan dengan sealer, lalu dimasukkan ke kantong alumunium foil, sebelum akhirnya dimasukkan ke kotak kemasan dan disampul plastik pres.

Pemasaran Wedhang Banteng

Selain melayani kebutuhan untuk wilayah Banyumas, Wedhang Banteng juga seringkali dipesan di luar daerah Banyumas, hingga ke luar Jawa. Bahkan, menurut pengakuan Ibu Dasilah, sang pemilik, Wedhang Banteng mulai dilirik oleh suplier dari negara-negara Eropa.

Sedangkan untuk pemasaran online-nya, minuman botanikal ini dipasarkan melalui Shopee dan Blibli.

Saat ini Wedhang Banteng sudah bisa memproduksi sekitar 3000 pcs untuk masing-masing Wedang Uwuh dan Teh celup herbalnya. Tentu harapannya, kalau sudah dilengkapi dengan peralatan yang lebih modern, jumlah produksi minuman herbalnya dapat ditingkatkan lagi.

Harga Wedang Banteng :

– Wedang Uwuh : Rp 60.000 /pack (isi 10 bungkus)
– Teh Herbal : Rp 42.500 / dus (isi 10 tea bags)

Masa Simpan Wedang Banteng

produksi minuman herbal wedang banteng banyumas
Pengemasan minuman herbal “Wedang Banteng”, Sumbang, Banyumas

Karena diproses secara tradisional dan hiegenis, produk-produk Wedhang Banteng dapat bertahan hingga 1 tahun, bahkan lebih.

Dengan produknya yang memiliki rasa segar, manis dan tetap berkhasiat, Bu Dasilah berharap Wedhang Banteng-nya ini dapat digemari oleh kalangan muda. Sebagai usaha, Wedhang Banteng sudah dilengkapi dengan dokumen legalitas yang cukup lengkap. Mulai dari NIB, PIRT, Halal dan BPOM.

Alamat “Wedang Banteng” :

Jl. Kyai Panumbang No. 27A
Desa Sumbang RT 06 RW 01
Kecamatan Sumbang
Banyumas, Jawa Tengah

======

Tulisan minuman herbal “Wedang Banteng” lainnya, dapat dibaca di banyumas.org

======

Video liputan Produk Banyumas – Wedang Banteng, kecamatan Sumbang :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *