produk banyumas pelatihan digital marketing desa jingkang ajibarang

Ajibarang, produkbanyumas.id – Bertempat di Kantor Desa Jingkang, kecamatan Ajibarang, Banyumas, kali ini Produk Banyumas diminta untuk memberikan materi Digital Marketing di acara Peningkatan Produktivitas Perempuan (PPEP). Acara hari Rabu, 9 Maret 2022 ini diadakan oleh DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah dan DP2KBP3A Kabupaten Banyumas.

Sesuai dengan nama acaranya, peserta pelatihan ini seluruhnya diikuti oleh perempuan pelaku usaha di Desa Jingkang. Pelatihan yang dibagi dalam dua sesi ini dimulai pukul 9 pagi dengan pelatihan Ecoprint dari butik Zee Collection, Cilongok, Banyumas.

produk banyumas pelatihan ecoprint desa jingkang ajibarang
Pelatihan Ecoprint untuk UMKM Perempuan Desa Jingkang, Ajibarang

Teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna, ini semakin diminati oleh pasar masa kini. Di wilayah Banyumas sendiri, usaha Ecoprint semakin bertumbuh jumlah usahanya.

Maka tidak mengherankan, Desa Jingkang dengan ragam hayati yang masih terjaga, tentu berpotensi menghasilkan banyak corak unik untuk Ecoprint ini. Diharapkan hasil pelatihan ini memunculkan usaha Ecoprint baru dari Desa Jingkang.

Sesi 2 : Digital Marketing

Tapi muncul usaha baru saja tidak cukup, karena langkah berikutnya adalah memasarkan produknya agar dikenal luas. Sedangkan mengenalkan mengenalkan produk secara luas, salah satu langkah efektifnya adalah dengan memanfaatkan internet. Maka, sesi kedua pelatihannya adalah materi digital marketing.

produk banyumas pelatihan digital marketing untuk umkm perempuan
Materi Digital Marketing untuk UMKM Perempuan Desa Jingkang, Ajibarang

Materi yang disampaikan dari Produk Banyumas ini mengenalkan potensi pasar yang besar di Indonesia yang bisa ditembus secara online. Tapi juga tantangan menembus pasar yang besar tersebut, karena tentunya jumlah pesaing untuk produk sejenis yang juga besar. Untuk itu, di sesi kedua pelatihan, diberikan dasar digital marketing.

Meski mendapat porsi waktu yang lebih singkat, peserta pelatihan dikenalkan dengan potensi pasar, tantangannya dan apa yang perlu dilakukan untuk menarik perhatian pasar. Kemudian peserta dikenalkan pentingnya riset kata kunci agar sebuah produk lebih mudah ditemukan di belantara internet. Selanjutnya, dari kata kunci yang sudah diriset tersebut bisa digunakan untuk setiap kali postingan, membuat judul, membuat nama akun. Atau yang kemudian sedikit dicontohkan, menjadi nama di Google Bisnisku.

Selanjutnya, penjelasan materi difokuskan pada Google Bisnisku. Karena dengan memanfaatkan salah satu layanan gratis dari Google ini, UMKM dapat merasakan manfaat Google Bisnisku, diantaranya :

– Tempat usaha dapat dimunculkan di peta GMaps. Ini berarti akan memudahkan calon konsumen untuk menemukan tempat usahanya.

– Hasil pencarian dari peta Google ini akan dimunculkan di urutan pertama atau kedua dari hasil pencarian Google. Jadi jika orang mencari sebuah produk di Google, yang pertama atau kedua ditampilkan adalah tempat-tempat usaha yang dicari yang terdekat dari si pencari. Yaitu berupa daftar usaha-usaha dari Google Bisnisku yang disertai peta. Tujuan Google memang agar mempercepat si pencari menemukan tempat produk yang dicarinya tersebut.

– Mendapat kesempatan review dari konsumen. Semakin banyak mendapatkan review yang baik akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Tentunya, ini dapat diperoleh dari layanan dan kualitas produk yang prima dari pemilik usaha itu sendiri.

– Dan yang terpenting adalah data yang akan diperoleh pemilik usaha. Google Bisnis memberikan data di hari apa usaha kita paling banyak dicari, juga kata kunci apa yang biasanya membuat orang menemukan bisnis kita. Ini yang kemudian bisa kita manfaatkan untuk memfokuskan pada kata kunci yang sering dipakai orang untuk menemukan usaha kita.

Acara pelatihan kemudian diakhiri pukul 12.15 dengan foto bersama sambil membentangkan kain ecoprint hasil praktek sesi pertama.

Video Pelatihan Peningkatan Produktivitas Perempuan (PPEP) bisa disaksikan di channel Youtube Produk Banyumas berikut ini :

Kiriman serupa

1 Komentar

  1. […] Nopia Mino Banyumas – Tempat Wisata Kuliner dan Oleh-oleh khas Banyumas, produkbanyumas.id – Tidak hanya dikenal dengan makanan khas mendoan atau getuk goreng, Banyumas juga memiliki […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.