stik drum band kalibagor banyumas

Kalibagor, produkbanyumas.id – Produk Banyumas kali ini adalah usaha stik drum dari Hans Industri, Kalibagor. Tepatnya, yang beralamatkan di Desa Kalibagor RT 02 RW 03, kecamatan Kalibagor, Banyumas.

Bertemu langsung dengan Pak Yono, atau yang biasa dikenal dengan panggilan “Yono Stik”. Ditemui di bengkel kerjanya, saat itu Pak Yono sedang memproduksi stik drum. Di sela-sela kerjanya, Pak Yono bercerita bahwa usahanya ini mulai dari tahun 1990. Dimulai dari usaha bubut kayu milik ayah Pak Yono. Dari usaha itu Pak Yono belajar bubut dan kerajinan kayu, sampai akhirnya mendapatkan pesanannya sendiri, yaitu stik drum.

stik drum band kalibagor banyumas
Yono Stik pemilik usaha stik drum band Kalibagor banyumas

Kemudian, karena keperluan penjualan dan administrasi, usahanya diberi nama “Hans Industri”. Diambil dari nama putranya, Hans. Saat ini Hans Industri memproduksi stik drum, stik drum band, stik tenor, stik bass drum band, stik trio dan stik aluminium.

Ketika pandemi, Hans Industri-pun terkena dampaknya. Karena selama masa pandemi terjadi pembatasan kegiatan dan keramaian, tentunya termasuk kegiatan band dan drum band. Hal ini berimbas pada menurunnya jumlah pemesanan stik drum. Maka untuk menyiasati kondisi ini, Hans Industri mencoba memproduksi miniatur truk oleng mainan.

miniatur truk oleng mainan kalibagor banyumas
Miniatur truk oleng mainan Kalibagor Banyumas

Gayung bersambut, truk oleng mainan ini segera mendapatkan pemesannya. Saat ini, di saat Purwokerto dan Banyumas sedang dibanjiri truk oleng mainan produksi Purbalingga, Hans Industri justru mengirim armada truk oleng mainannya ke kabupaten-kabupaten sebelah. Seperti saat Produkbanyumas meliput kesana, Hans Industri sedang mengirim 1 mobil pick up penuh miniatur truk oleng ke Wonosobo.

Kendala membuat truk oleng mainan ini adalah kecepatan produksinya. Mempertahankan pilihan menggunakan bahan kayu pilihan, truk oleng dibuat per bagian baru kemudian disatukan menjadi truk utuh, untuk kemudian difinishing dan dihias biar mendekati truk aslinya. Proses produksi yang tidak sebentar berarti perputaran modal juga menjadi lama.

stik drum band kalibagor banyumas
Stik drum band desa Kalibagor, Banyumas

Tapi syukurlah, kondisi mulai berangsur normal kembali. Pesanan stik drum mulai kembali datang. Sehingga, meski masih menerima pesanan miniatur truk oleng mainan, modal bisa berputar normal lagi dengan kembalinya pesanan stik drum. Karena Hans Industri bisa mengerjakan sampai 25 kodi per hari. Jadi pesanan cepat selesai, cepat dikirim, cepat dilunasi, dan cepat siap menerima orderan lagi.

Kecepatan produksi ini tak lepas dari dukungan 5 karyawan Hans Industri. Menariknya, awal mula para karyawan ini bekerja di satu tempat, di bengkel kerja Hans Industri. Tapi karena bengkel kerja semakin tidak bisa menampung para pekerja, mesin, dan hasil kerjanya, maka Pak Yono mengambil kebijakan model Work From Home. Jadilah sebagian setiap pekerja dibekali mesin kerja di rumahnya dan mereka bekerja dari rumah. Hasil kerjanya kemudian secara rutin disetorkan ke bengkel kerja Hans Industri. Hanya 1 pekerja yang bekerja di bengkel kerja membantu Pak Yono.

Sebagian besar stik drum Pak Yono ini dipesan sebagai pelengkap set alat drum band. Ketika sudah dijadikan satu menjadi set lengkap alat drum band, kemudian dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Stik produksi Hans Industri menggunakan limbah dari pengolahan kayu. Tidak berhenti di situ, limbah produksi Hans Industri pun dimanfaatkan sebagai bahan bakar pabrik tahu . Tanpa disadari ini menjadi industri zero waste.

Harga :
Stik drum : Rp. 3.000 / pasang
Truk oleng mainan : Rp 130.000

WhatsApp : 0813 9049 3922

 

1. Lokasi Hans Industri Desa Kalibagor, kecamatan Kalibagor, Banyumas

2. Video liputan Stik Drum Hans Industri Desa Kalibagor, Banyumas :

Kiriman serupa

2 Komentar

  1. […] 1. Tulisan Liputan Hans Industri Stik Drum Kalibagor : […]

  2. […] produkbanyumas.id – Selain Stik Drum dan Miniatur Truk Oleng, desa Kalibagor juga punya Produk Banyumas lainnya, yaitu produksi stik es krim. Adalah Pak Pono, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.